Perkembangan prosesor via/cyrix

 Mikroprosesor yang pertama kali muncul pada awal tahun 1970 dan digunakan untuk elektronik kalkulator , menggunakan kode biner-desimal aritmatika. Microprosesor ini dapat yang dirancang dalam berbagai desain dengan mengikuti perkembangan jaman, desain yang pernah dihasilkan sampai saat ini seperti 8-bit desain, 12-bit desain, 16-bit desain, 32-bit desain, 64-bit desain di komputer pribadi, maupun desain Multicore desain.

Mikroprosesor pertama adalah intel 4004 yang dikenalkan tahun 1971, tetapi kegunaan mikroprosesor ini masih sangat terbatas, hanya dapat digunakan untuk operasi penambahan dan pengurangan (kalkulator). Mikroprosesor pertama yang digunakan untuk komputer di rumah adalah intel 8080, merupakan komputer 8 bit dalam satu chip yang diperkenalkan pada tahun 1974. Tahun 1979 diperkenalkan mikroprosesor baru yaitu 8088.

Tidak hanya intel saja yang berusaha dibidang mircoprosesro tapi banyak diantaranya perusahaan yang bergerak dibidang perdangangan chipset ini, salah satunya ada VIA. VIA didirikan pada tahun 1987 di jantung Silicon Valley, VIA mencapai posisi kepemimpinan di pasar PC hingga dia dapat dikatakan saingan dan pantas menjadi pembanding dengan perusahaan chipset terkenal lainnya seperti Intel. Pada tahun 1992, kantor pusat dipindahkan dari fasilitas California Fremont, ke Taipei dalam rangka membangun kemitraan lebih erat dengan basis TI manufaktur besar dan tumbuh di Taiwan dan tetangga Cina.
Cyrix merupakan perusahaan pengembang mikroprosesor yang didirikan pada tahun 1988 di Richardson, Texas. Cyrix bergabung dengan National Semiconductor pada tanggal 11 November 1997. Yang kemudian diakusisi oleh VIA pada 1999. Di bawah ini merupakan perkembangan prosesor Cyrix/VIA.

fasmath1.Cyrix FasMath
Produk Cyrix pertama untuk pasar komputer pribadi adalah x87 yang kompatibel terhadap FPU coprosesor. Kemudian muncul Cyrix FasMath 83D87 dan 83S87 yang diperkenalkan pada tahun 1989. FasMath merupakan produk yang dibuat oleh Cyrix untuk menyaingi intel 80387 dengan performa 50% lebih baik. Kemudian Cyrix mengembangkan Cyrix FasMath 82S87 yang dikembangkan dari Cyrix 83D87 pada tahun 1991.

486slc486dlc2.Cyrix 486SLC dan Cyrix 486DLC
Pada tahun 1992 Cyrix mengeluarkan produk baru yang diberi nama 486SLC dan 486DLC yang mana pin dari kedua produk tersebut, masing-masing kompatibel dengan 386SX dan DX. Pada chip tersebut juga ditambahkan L1 cache on-chip dan set instruksi 486.

5x863.Cyrix 5×86
Pada tahun 1995 Cyrix merilis Cx5x86 yang dipasang pada soket 486, prosesor ini memiliki kecepatan 100, 120 atau 133 MHz dan menghasilkan kinerja yang sebanding dengan Pentium yang berkecepatan 75 MHz.

6x86
4.Cyrix 6×86 (M1)
Setelah itu, Cyrix merilis chip yang diketahui sebagai chip terbaik yang pernah mereka buat, yaitu 6×86 (M1). Kemudian prosesor ini diberi nama P-166+ yang menunjukkan bahwa kinerja P-166+ lebih baik daripada prosesor Pentium 166MHz.
M2
5.Cyrix MII
Kemudian Cyrix merilis 6x86L dan 6x86MX. 6x86L merupakan 6×86 yang direvisi sehingga prosesor ini hanya membutuhkan sedikit daya, sedangkan pada 6x86MX (M2) ditambahkan instruksi MMX dan L1 cache yang lebih besar.
mediagx
6.Cyrix MediaGX
Pada tahun 1996 Cyrix merilis CPU MediaGX, yang mengintegrasikan semua komponen diskrit utama dari PC, termasuk suara dan video ke dalam satu chip. Prosesor ini berbasis pada teknologi 5×86 yang sudah tua, prosesor ini berjalan pada 120 atau 133 MHz. Versi terakhir dari MediaGX ini dapat berjalan dengan kecepatan yang mencapai 333 MHz.
m2-433gp7.Cyrix MII-433GP
Mikroprosesor Cyrix yang terakhir adalah Cyrix MII-433GP yang memiliki kecepatan 300 MHz (100×3) dan lebih cepat dari K6/2-300 AMD pada perhitungan FPU.

c3proc8. VIA C3® Processor
VIA ® C3 prosesor dirancang untuk low profile dan perangkat embedded, serta menawarkan fitur keamanan militer-grade dari VIA PadLock Security Engine. Berdasarkan arsitektur CoolStream VIA ™, VIA C3 memberikan semua kinerja yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi media digital dengan desain daya maksimum lebih dari 20 watt di 1.4GHz dan tetap mempertahankan rendahnya tingkat konsumsi daya dan panas yang membuatnya menjadi solusi perangkat bentuk x86 kecil.

corefus9.VIA CoreFusion™ Processor Platform
Menawarkan kinerja belum pernah terjadi sebelumnya dan integrasi yang kaya dalam satu paket, platform prosesor VIA CoreFusion menetapkan standar baru untuk miniaturization memanfaatkan ruang hingga 15%. Platform prosesor VIA CoreFusion memberikan konsumsi daya ultra rendah, keamanan kelas militer, dan kompatibilitas dengan aplikasi x86. VIA CoreFusion platform prosesor ini didasarkan pada arsitektur inti ‘Nehemia’ 533MHz untuk 1GHz dengan konsumsi daya maksimum desain termal hanya 10 watt.
eden10.VIA Eden™ Processors
VIA Eden prosesor ™ target pribadi, bisnis, industri dan komersial perangkat komputasi embedded yang memerlukan konsumsi daya ultra rendah dan kompatibilitas dengan sistem operasi x86 standar dan aplikasi perangkat lunak. VIA Eden prosesor terukur dari 400MHz untuk 1.5Ghz semua dalam daya maksimum sebesar 7,5 watt, dan tersedia dengan beragam fitur yang memungkinkan set fungsionalitas PC dan konektivitas dari perangkat fungsi tradisional tunggal.

c7
11.VIA C7® Processor
VIA C7 ® prosesor adalah terkecil terendah, paling efisien dan prosesor x86 paling aman di dunia. Dibangun pada arsitektur Advanced CoolStream VIA ™, Prosesor VIA C7 dirancang untuk memperluas gaya hidup digital dengan menggabungkan kinerja yang kuat hingga 2.0GHz dengan konsumsi daya ultra rendah dan pembuangan panas yang sangat efisien.

12.VIA PV530 Processor
Dirancang untuk menawarkan pengalaman komputasi yang menarik namun energi yang efisien dengan kinerja hingga 1.8+GHz, VIA PV530 dirancang untuk daya generasi berikutnya dari PC desktop. Sebagai pasar negara berkembang semakin investasi berkelanjutan dalam mengembangkan solusi IT untuk membantu menjembatani kesenjangan digital, PV530 VIA, ketika dipasangkan dengan VIA media digital core-logic chipset, menyediakan akses penting untuk komputasi x86 modern dan teknologi komunikasi.

nano13.VIA Nano™ Processor
Generasi 64-bit pertama dengan kecepatan 1-2GHz, prosesor VIA Nano telah dirancang khusus untuk merevitalisasi desktop tradisional, mobile dan pasar server, benar-benar memberikan kinerja yang dioptimalkan untuk hiburan, komputasi dan aplikasi yang paling menuntut konektivitas.
Dibuat pada efisiensi energi yang memimpin pasar dari keluarga C7 prosesor VIA ®, keluarga VIA prosesor Nano menawarkan sebanyak empat kali kinerja dalam rentang daya yang sama untuk memperluas kinerja VIA’s per watt, sedangkan pin kompatibilitas dengan VIA C7 prosesor akan memastikan kelancaran transisi untuk OEM dan vendor motherboard, menyediakan mereka dengan sebuah jalur upgrade yang mudah bagi sistem.
Memanfaatkan keluarga prosesor VIA Nano maju teknologi proses 65 nanometer untuk campuran kinerja yang kuat dan efisiensi energi. Menggarisbawahi keunggulan di miniaturisasi VIA prosesor.

nanox214.VIA Nano™ X2 Processor
VIA Nano prosesor X2 yang pertama benar-benar dioptimalkan, prosesor daya rendah dual-core. Menggabungkan dua core 64-bit dalam satu, VIA Nano prosesor X2 memberikan performa per-watt dan kemampuan multi-tasking baik, tanpa konsumsi listrik lebih banyak.
Penargetan berbagai produk PC yang meliputi desktop, all-in-one dan desain notebook mobile, VIA Nano prosesor X2 memperluas jangkauan portofolio prosesor VIA ke dalam multitasking dan berorientasi kinerja segmen dan pengguna menawarkan pengoptimalan end-users dan pengalaman komputasi hemat listrik .

referensi: http://blog.ub.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s