Sumpah Pemuda, Hari Bangkitnya Para Pemuda

Mentari pagi sudah membumbung tinggi

Bangunlah putra putri ibu pertiwi

Mari mandi dan gosok gigi

Setelah itu kita berjanji…..

Kutipan di atas diambil dari lagunya Pak Iwan Fals yang Berjudul ‘Bangunlah Putra Putri Pertiwi’, o yah, Saya punya sedikit pertanyaan yaitu, 28 Oktober hari apa dan peringatan keberapa sekarang?

Yang mau tahu lanjutan lagunya mari dengar sendiri-sendiri disini:


HEhe😉,jika sudah mendengarkan lagu mari kita mulai bahasannya lagi yaitu tentang Sumpah Pemuda, Hari Bangkitnya Para Pemuda Di seluruh Indonesia tercinta.

Sumpah Pemuda adalah bukti otentik bahwa tanggal 28 Oktober 1928 bangsa Indonesia dilahirkan. Oleh karena itu sudah seharusnya segenap rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia. Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945(source:wikipedia).

Sekarang mari kita lihat isi dari sumpah pemuda tersebut (Versi EYD):

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dari situ dapat kita lihat kesamaan latar belakang dan tujuan putra putri indonesia. So, kenapa harus bangkit, apa pemuda di indonesia sekarang sudah mati dan dikubur? Bukan bukan, Kita hanya perlu melihat dengan dua mata kita bagaimana keadaan negara kita pada saat ini, kita harus bisa merasakan yang mana keadaan yang masih buruk, yang mana keadaan yang makin memburuk dan yang mana keadaan yang sudah baik. Jika keadaan yang sudah baik maka kita harus bangga dengan pencapaian tersebut, tetapi jika keadaan yang masih buruk saipa yang akan memperbaikinya.

Jika masih ada korupsi siapa yang akan menindasnya,jika masih ada perselisihan antar suku dan agama siapa yang akan mengadilinya, jika masih banyak kejahatan terhadap hak azazi manusia siapa yang akan menghakiminya, jika masih terjadi tawuran pelajar siapa yang akan mendamaikannya, jika sex bebas dan narkoba tersebar luas siapa yang akan menghentikannya, jika masih banyak pengangguran dan kemiskinan siapa yang akan memperkecilnya. Apakah pejabat negara sekarang bisa memperbaiki semua itu, atau mahasiswa yang sering demo (bersorak-sorak) bisa mengatasinya? tidak, malahan ada beberapa dari mereka yang memperburuk keadaan.

😦

Menurut pendapat saya , karna itulah kita semua memperingati hari sumpah pemuda ini yang berguna untuk membangkitkan semangat para pemuda bangsa, karena yang akan memperbaiki semua itu hanyalah pemuda yang mempunyai semangat sumpah pemuda yang didapat dari para leluhur kita yang telah memerdekakan bangsa ini dari para penjajah. Sekarang saatnya kita yang berjuang untuk memakmurkan bangsa ini, mari tunjukan peran kita terhadap bangsa kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s