Tindak Lanjut Laptop Yang Terlalu panas

Hai hai haaai, sudah lama tidak update di blog yoolah ini, akhirnya saya ketemu sebuah topik untuk postingan kali ini. Kemaren Laptop kesayangan saya acer 4530 sedang dioperasi, jadi jarang online deh. Setelah sekian lama menahan rasa sakitnya, akhirnya saya putuskan untuk mencari obat  penyembuhnya yaitu obat yang membunuh penyakitnya sampai ke akarnya. Dan seperti sekarang ini laptop saya sudah normal kembali sekitar 90%  seperti baru beli. Ini merupakan lanjutan dari postingan MEMPERBAIKI LAPTOP CEPAT PANAS ”Over Heating”.Ini dia video nya keadaan laptop saya sekarang ini, cek dulu aja. Siapa tau jadi iri.🙂

Baikalah apa saja yang telah saya lakukan sehingga laptop saya yang dulu sangat panas dan sekarang sudah menjadi seperti baru kembali 90%. Jika anda belum melakukan langkah awal nya silahkan baca dulu  MEMPERBAIKI LAPTOP CEPAT PANAS ”Over Heating”, jika anda sudah membacanya mari kita lanjutkan kembali.

Sebelumnya laptop acer 4530 saya ini masih panas, lalu saya bawa ke sebuah servisan laptop dan kata orang yang ahlinya harus di reball. Jika beruntung laptop saya hidup dan jika tidak laptop saya mati total. Dua hari setelah itu ada kabar dari servisan itu, ‘Laptopnya sudah OK’. Saya pun senang dan segera menjemputnya. Tapi biaya nya memang tidak murah bagi saya, karena mencapai 700k. Sehari setelah itu sayapun langsung mau install Os baru, ditengah proses install laptop saya mati, Dan diulang tetap saja Mati. Karena ada garansi servisan saya bawa lagi kesana. Ok, di cek dulu katanya. Tidak lama kemudian saya dikasih kabar harus ganti Chip VGA nya, chip yang lama sudah tidak bisa dipakai, katanya. Lalu saya bilang, ganti aja chip nya mas sama yang bekas (Kalau chip  baru harganya bisa mencapai IDR 1200000). Sebulan kemudian masih belum ada kabar dari sarvisan itu, karna tidak sabaran saya ambil aja tu laptop dalam keadaan tidak bisa menyala untuk diperbaiki di kota lain(sebut saja kota P).

Setelah sampai di kota P, saya kasih itu laptop. Kata orang servisannya, yang saya anggap master itu ‘kalau beruntung laptopnya bisa normal kembali’. Kalau tidak, mesti beli chip baru. Dia cek dulu sekitar 15 menit, karna laptop acer saya punya harapan. Dia bilang biar di reball ulang. Sehari kemudian dia langsung sms

Laptopnya sudah OK, tapi harus ganti kipas. Biar tambah OK.

Ya sudah langsung saja saya konfirmasi, ganti aja bang. Yang penting my acer kembali OK. Besoknya lagi di sms lagi, begini.

Laptopnya sudah kembali normal kembali.

Langsung aja deh saya jemput tu acer dengan biaya yang sudah ditentukannya yaitu IDR 800000, dengan biaya reball, ganti IC power prosessor IDR 650rb + ganti kipas,thermokople IDR 150rb. Ya, asal my acer bisa kembali beraktivitas.

Setelah konsultasi dengan sang master ada beberapa ilmu yang dia bagi. Setelah saya simpulkan lagi saya juga akan bagi-bagi disini.

Jika laptop tetap panas atau sampai mati mendadak padahal anda  telah melakukan tips pertama dari saya MEMPERBAIKI LAPTOP CEPAT PANAS ”Over Heating”.

Maka di perlukan lagi tindak lanjutnya dengan membawa ke spesialis servisan laptop. Jangan sampai anda membawa laptop ke tempat orang yang bukan ahlinya, karena bisa berakibat fatal. Konsultasi dengan teknisinya, bilang aja coba cek dulu keadaannya. Mungkin saja ada kerusakan yang lain. Jika teknisinya sudah mem vonis harus di Reball, percayakan saja dan anda harus berdoa agar chip nya tidak bermasalah. Jika chipnya bermasalah ya harus diganti baru. Jika teknisinya betul-betul paham dan chip laptop yang dikerjakannya masih bagus, maka dipastikan kinerja laptop anda akan kembali normal, seperti semula waktu beli.

Jika laptop anda sudah normal, berikut tips maintenence agar laptop tetap awet.

  • Jangan menyalakan laptop atau netbook diatas permukaan yang mengandung kain atau debu seperti kasur, karpet kain, alas meja kain. Jika penggunaannya cukup lama melebihi 2 jam, gunakanlah fan cooler alas laptop agar suhu laptop tetap stabil.
  • Jika laptop sudah terlalu panas dan berbunyi, lakukan pembersihan kipas dan mengganti pasta prosessor.
  • Jika baterai anda sudah tergolong bocor atau hanya maksimal bertahan selma 30 menit, lepaskan baterai anda jika pemakaiannya lebih dari 30 menit. Karena jika baterai yang bocor sudah di cas penuh 100%, dapat meningkatkan suhu chipset dan menyebabkan chipset rusak. Atau anda bisa menggunakan aplikasi smart battery dan atur baterai full sampai 75% saja.

Sekian dulu terima kasih, semoga bermanfaat. Jika da yang mau disampaikan, silahkan berkomentar.

3 thoughts on “Tindak Lanjut Laptop Yang Terlalu panas

Tinggalkan Balasan

