Cara cepat dapat kerja untuk lulusan baru

Hai kepada seluruh pembaca yoolah diseluruh indonesia, atupun yang diluar indonesia.Kalau ada!!! Kali ini saya akan bagikan sedikit tips dalam mencari lowongan pekerjaan di indonesia. Bebeerapa orang ada yang menyebutkan cari kerja itu sulit dan sebagian lagi ada yang menganggap mudah. Tapi sebenarnya dalam mencari sebuah pekerjaan itu yang kita perlukan adalah kesabaran dan keyakinan. Kenapa? Karena akan ada banyak sekali ujian atau cobaan yang akan dihadapi.

Cara cepat dapat kerja untuk lulusan baru

Cari kerja Susah???

Beruntung lah orang yang memiliki nilai lulusan yang tinggi dan punya banyak keahlian.Karena mereka akan sangat mudah mendapat pekerjaan yang mereka inginkan.  Jadi orang yang nilai rendah dan tidak punya keahlian tidak akan mempunyai kesempatan kerjadan  kuliahnya jadi  sis-sia?  Jika anda menganggap nilai anda rendah atau dibawah standart, lalu anda sudah menyerah. JANGAN… Dalam  dunia kerja bukan itu saja yang dicari, nilai hanya memperlihatkan kualitas seseorang secara tertulis, jadi kalau di lapangan kerja belum tentu orang bernilai tinggi itu lebih pintar/jago. Jika anda menganggap kemampuan anda biasa-biasa saja atau tidak punya keahlian didalam jurusan anda lalu anda juga menyerah. TUNGGU DULU… Jangan menyerah segampang itu. Itu semua bisa diatasi dan diperbaiki, jika anda mau menjadi orang yang lebih baik. huhuiiiii……

Mari kita uraikan “Apa sih yang dicari perusahaan terhadap tenaga kerja?”, ini sih menurut pengalaman ane aja.. Mari simak sedikit pengalaman dari saya.

Pertama perkenalkan saya adalah lulusan D3 Teknologi informasi dengan IPK Dua koma tujuh dua ,  saya pernah melamar di sebuah perusahaan akunting  yang membuka lowongan IT Support, pada saat itu ada juga teman saya yang lulusan S1 IT dengan IPK 3 lebih dan kami sama-sama Fresh graduate. Karena kita cari kerjanya barengan, kita melamar dah itu di perusahaan yang sama. Dan pada intinya kita sama-sama dipanggil untuk psikotest dan test skill secara tertulis. Setelah mengisi beberapa soal psikotest maka dilanjutkan dengan test skill tertulisnya, ini saat-saat yang sangat menentukan menurut saya. Karena posisi IT Support ini membutuhkan orang IT yang bisa menangani permasalahaan it nya, dilowongan tertera requirednya mengenal jaringan computer dan server lalu bisa menguasai salah satu bahasa programming. Di skill test tertulisnya soalnya ya seputar dasar jaringan,server dan menuliskan sedikit kode-kode program yang kita ketahui. Alhamdulillah, karena ane lulusan D3 dan udah banyak praktek dikampus. 70% dari soalnya bisa saya jawab. Setelah ujian selesai kami pun pulang. Dua hari setelah itu saya mendapat panggilan kembali untuk panggilan praktek skill test. Lalu saya nanya ke teman yang lulusan S1, ternyata dia tidak ada panggilan untuk praktek skill test. Setelah saya Tanya, dia jawab apa aja pas skill test tertulisnya? Lalu dia jawab “Dia Cuma bisa jawab satu soal” dari sepuluh soal. Pada akhirnya saya pergi sendiri ke tempat praktek skill test, dan setelah selesai saya pun langsung ditawari GAJI. Horeee.

Jadi kesimpulannya menurut saya yang dicari itu adalah kemampuan kita. Baik itu pengalaman,  kemampuan bekerja, karakter dan komunikasi tentunya. Saya juga pernah melamar diperusahaan besar, biasanya diawal-awal akan ada psikotestnya. Jadi psikotest itu juga penting ya. Pada awal-awal melamar pekerjaan saya juga bingung akan required dari perusahaan yang kebanyakan tidak saya kuasai, jadi untuk memperluas kesempatan bekerja kita mau tidak mau kita harus pelajari itu apa aja yang diminta perusahaan terhadap kitanya. Pada awalnya saya Cuma tau bahasa pemrograman java, tapi ada perusahaan yang minta orang menguasai pemrograman web, dan sayapun mempelajari bahasa php css sql dan frameworknya. Dan ada juga perusahaan yang minta orang yang menguasai server mikrotik,  maka saya pun langsung beli buku mikrotik dan mempelajarinya. Minimal kita sudah tau dasar-dasar dan cara kerja dari keahlian yang diminta tersebut. Nanti sesuai berjalan waktu kita akan terus belajar juga pada saat bekerjanya. JADI, jangan menyerah kalau anda adalah salah satu yang memiliki kekurangan diatas. Terkadang ada juga perusahaan yang mentraining kita dulu sebelum bekerja. Yang penting terus semangat, kalau logika saya begini ‘Jika saya melamar 100 lowongan pekerjaan, minimal pasti saya akan dapatkan 1 dari seratus pekerjaan tersebut’. Silahkan dicoba. Tentunya juga dengan persiapan-persiapan diatas. Dan ada beberapa tips lagi yang harus anda ketahui.

  • Jika ada lowongan, jadilah yang pertama yang melamar. Dengan cara melamar dengan  secepet cepatnya.
  • Sering-sering lah melihat lowongan di Koran,kantor pos,atau situs-situs lowongan kerja daerah. Dan jika ada job fair ikutilah selalu, karena disana akan ada perusahaan perusahaan yang bagus.
  • Buat lah CV anda se simple dan semenarik mungkin jangan sampai CV anda susah dibaca oleh recruitmentnya.
  • Dua situs lowongan kerja yang wajib anda ikuti yaitu Jobstreet.com,Careerbuilder.com, menurut saya dua situs tersebut sangat membantu. Dijobstreet kita diperbolehkan melamar 50 lowongan setiap bulannya dan di careerbuilder kita bebas memasukan berapapun lamaran kita, dan ada juga fasilitas Quick Apply nya, sehingga kita bisa melamar banyak perusahaan dengan mengirim satu kali saja.
  • Bacalah permintaan perusahaan, keahlian apa saja yang mereka butuhkan dan syarat apa saja yang tidak sesuai dengan kita. Jika seperti menguasai pemrograman C dan anda tidak tahu apa-apa mengenai bahasa pemrograman C, maka langsung aja cari bukunya. Pelajari dan minimal kita harus memahami dasarnya. OKe?ok ya..
  • Belilah buku-buku mengenai  pertanyaan dan cara menjawab  wawancara kerja dan psikotes. Ini sangat penting menurut saya.
  •  Jika ada panggilan interview, berikanlah kesan pertama yang baik. Yaitu seperti tidak terlambat, sopan, tidak sombong dan menggunakan pakaian yang formal dan rapi.

Itulah tips yoolah yang dapat saya bagikan, jadilah orang yang bersemangat dan tidak menyerah dan tentu saja disertai dengan berdoa kepada sang pemberi rezki. Jadi walaupun kita sudah lulusan sarjana,master atau apapun itu gelarnya kita tidak akan pernah berhenti belajar. Karena kita harus menjadi yang lebih baik dari hari kemaren. HEhehehe.:P

 

 

Tinggalkan Balasan

